Selasa, 30 Juli 2013

MEMANFAATKAN MANAJEMEN UNTUK MERAIH SUKSES ABADI




Sebuah  visi strategis untuk hidup  sukses di dunia dan akherat
B.S.Wibowo,Dipl.Rad,SKM.

Lembaga  Manajemen Terapan TRUSTCO


Sukakah engkau aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari siksa yang pedih. Yaitu  engkau engkau beriman kepada  Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya dengan harta dan jiwa.Hal demikian adalah lebih baik jika kamu mengetahui .Maka Allah akan  mengampuni dosa-dosamu, dan memasukkan ke dalam syurga yang indah. Dan ada lagi yag lain yang kamu cintasi, yaitu pertolongan Allah dan kemenangan. QS. 61: 10-13)

A. PENDAHULUAN


Semua orang berharap untuk mendapatkan sukses atau  kemengan (al falah). Manusia akan hidup dalam dua alam, yaitu dunia dan akherat. Kemenangan di akherat dan kemenangan dunia adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan, dia bagaikan sisi mata uang yang tidak akan bermakna jika salah satu sisinya hilang darinya. Bahkan ayat mengatakan “ Barang siapa yang buta hatinya di dunia, niscaya di akherat nanti akan lebih buta(QS. 17: 72). Kemenangan bukanlah sesuatu yang tiba-tiba, melainkan sebuah pencapaian yang perlu perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang sangat dipengaruhi oleh sejauh mana ketersediaan informasi dalam memprediksi ke depan. Dan masa depan tanpa perencanaan strategis adalah sesuatu yang mustahil untuk sukses. Untuk itu kita perlu mengkaji  bagaimana kita memenajemeni diri kita untuk mendapatkan suskes tersebut.
Berfikir strategic (strategic thinking) biasanya dimulai dari tujuan akhir yang kita inginkan, orang menyebutnya dengan “big think, start small, act now”; yaitu berfikir besar, mulai dari yang kecil  dan aksi sekarang juga. Teknik strategic thinking ini samalah halnya Hadits Rasulullah saw yang mengatakan “amal itu tergantung pada niatnya”, bahwa niat adalah sesuatu yang penting dan diletakkan pada awal. Bahwa  niat adalah gambaraan akhir yang ingin kita capai.

B. MAKNA KEMENANGAN DAN SUKSES DUNIA DAN AKHERAT

Kita perlu menelusuri motiv diri kita yang paling dalam. Hal-hal apakah yang mampu menggerakkan  diri kita untuk   melakukan hal-hal sangat besar, serta kemenangan apakah apakah yang kita harapkan. Banyak pejuang Islam dalam mengelola hidupnya telah rela meneteskan darah segara dari dadanya, keringat dari tubuhnya dan air mata untuk rela berjuang di jalan Allah.
Sukses itu ada yang bersifat jangka panjang dan ada yang bersifat jangka pendek. Sukses yang bersifat jangka panjang (long term success) adalah kesuksesan negri akherat. Sedangkan sukses yang bersifat jangka pendek (sort term success) adalah kesuksesan negri dunia.

Sukses yang bersifat jangka panjang (long term success)
Makna sukses  akherat adalah sebagaimana Allah swt katakanMaka Allah akan  mengampuni dosa-dosamu, dan memasukkan ke dalam syurga yang indah”. Makna suskes yang lain, yaiu jika seseorang dijauhkan dari apai neraka dan dimasukkan dalam syurga itulah orang yang  sukses (QS 61:12, 3:185)). Gambaran sukses negeri akherat menurut Al quran secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian berikut:
1.     Pertemuan dengan  Tuhannya (liqoi Rabbihii),
2.     Mendapatkan ampunan akan kesalahannya (maghfirah),
3.     Terbebaskan dari api neraka dan
4.     Tinggal di syurga dengan segala keindahannya, dan secara otomatis dijauhkan dari neraka. Tentunya ini  semua akan dapat diperoleh dengan keridhaan Tuhan Allah SWT.
Untuk mampu menimbulkan imajinasi kreatif dalam diri kita, maka kekuatan  “rukun iman” sebagai ekspresi “ percaya kepada yang ghoib” adalah sarana tersebar untuk memahami suskes jangka panjang sebelum kita berfikir dengan apa yang harus kita kerjakan. Tetapi membiasakan diri dengan  delalu berfikir dengan akhir dari tujuan aktifitas kita adalah sesuatu yang  penting. Orang mengatakan “ think with end of mind” sebagai kebiasaan efektif yang harus kita miliki. Rasullulah saw mengatakan bahwa: “Sesungguhnya amalan itu tergantung kepada niatnya”,  hadits ini menunjukkan niat adalah apa yang akan dituju atau “end of mind “.

Sukses yang bersifat jangka pendek (sort term success)
Makna sukses  dunia adalah sebagaimana Allah swt katakana, “ Dan ada lagi yang lain yang kamu sukai, yaitu pertolongan Allah swt dan kemenangan yang dekat” (QS. 61:13).  Gambaran sukses negeri dunia menurut beberapa buku dan ensoklopedia bahwa kesuksesan manusia di dunia dikelompokkan menjadi 14 bagian berikut:
1.     Peningkatan pekerjaan dan karir ( ‘amal),
2.     Kesehatan (qowiyul jism) dan kenikmatan hidup,
3.     Peningkatan keuangan dan rasa aman (qodirun ‘ala kasb),
4.     Keteguhan hati dan kepercayaan diri (mati’nul khuluq),
5.     Kepribadian dan pergaulan dengan orang lain (ukhuwah),
6.     Kebahagian dan kedamaian akal budi (akal sehat),
7.     Pengembangan diri dan pendidikan diri (mutsaqoful fikr),
8.     Sasaran dan arah hidup, serta keteraturan program diri (munadzom fi syu’nihi),
9.     Disiplin diri dan penguasaan diri (mujahiduna linafs),
10.   Cinta dan kehidupan keluarga,
11.   Kaidah emas dan tanggung jawab (haritsun ‘ala waqtihi),
12.   Kawan dan persahabatan,
13.   Matang secara alturistik (bermanfaat bagi orang lain-nafiun lighoiri)  dan menjadi tua secara mulus,
14.   Kemampuan mengaitkan hidup dengan kematian (ketenangan bathin).
Visi sukses dunia setiap individu mungkin akan bervariasi, hal ini sangat tergantung dengan sejauh mana dia mampu merumuskan visi sukses akherat. Visi tersebut sangat tergantung dengan value (nilai) yang kita yakini kebenarannya. Dari 14 belas point tersebut di tas, bisa  jadi skala prioritas seseorang  bervariasi.
               
C. MEMPEROLEH SUKSES:  MODAL UNTUK MEWUJUDKAN IMPIAN

Orang yang ingin sukses,  sebaiknya dia memiliki sesuatu  yang ingin dicapai. Sesuatu yang ingin dicapai itulah yang disebut dengan cita-cita. Cita-cita itu harus mampu menggambarkan kebahagiaan dan kesenangan yang ingin diperoleh. Keinginan besar atau Visi pribadi yang baik, adalah sebuah  visi yang dapat memberikan dorongan semangat dan inspirasi jika dikenang. Semakin jelas cita-cita seseorang, maka semakin  bersemangat dan termotivasi seseorang untuk berusaha mencapainya.
Bahwa kehidupan ini penuh  onak dan duri. Setiap orang akan menghadapi berbagai masalah, baik itu masalah pribadi yang spesifik maupun masalah umum yang setiap orang juga menghadapi.  Di dunia ini kita akan berhadapan problem hidup yang luar biasa, yaitu berupa: change, challenge, competitive, complexcity, uncertainty. Tetapi dibalik problem tersebut ada peluang, ada opportunities. Sesungguhnya air susu itu ada diantara darah dan kotoran. Dunia kini dihadapkan dengan transisi demografi, transisi teknologi, transisi epidemiologi, dan perubahan global lainnya. Akibatnya dunia pekerjaan dihadapan anda kini penuh dengan tantangan. Anda perlu menyiapkan empat kekuatan dasar manusia, yaitu:
¨        Spiritual (True-T),
¨        Emosional (Responsiable-R),
¨        Intelektual (Unique-U),
¨        Fisik (Sacrify-S) dan
¨        Pengusaan teknologi yang relevan (Technology-T) di bidangnya masing-masing untuk mengubah kendala yang berupa perubahan, tantangan, kompleksitas, ketidak pastian, dan konflik  (Change, Challenge, Complexity, un-Certainty, Conflict) agar menjadi peluaang (Opportunities-O),  dan kami menyebutnya sebagai TRUSTCO.
Model TRUSTCO adalah salah satu alternatif yang mudah diingat untuk mendapatkan sukses. Anda juga dapat menyusun sendiri model yang cocok untuk mendapatkan sukses.
Gambar 1. Perjalanan hidup manusia; diantara tantangan, hambatan dan cita-cita untuk kesuksesan hidup.
 











s







Kondisi Lingkungan Dunia:
perubahan, tantangan, kompleksitas, ketidak pastian, dan konflik 
 


7 Golongan mendapat syafaat Allah
 


Proses sakaratul maut
 

 









D. BELAJAR, BERFIKIR   DAN PERUBAHAN  DIRI UNTUK MERAIH SUKSES

Bagaimanakah hubungan antara belajar dengan perubahan tingkah laku dalam diri seseorang. Belajar untuk mendapatkan informasi, informasi mampu merubah paradigma seseorang. Paradigma yang akan mengubah persepsi seseorang. Persepsi akan merubah motif seseorang. Motivasi yang akan mengerakkan tingkah laku sesorang. Kita perlu belajar Alquran, mengaji dan mendapatkan  informasi sebanyak mungkin tentang kehidupan dan tujuan-tujuan dalam hidup kita.
Kita harus belajar untuk merubah kehidupan kita sendiri. Nasib seseorang  akan berubah, kecuali dia sendirilah  yang akan mengubahnya, lihat QS. 13: 11. Hanya manusia, di antara seluruh makhluk Allah yang dapat mengubah diri menjadi lebih baik, karena diilhamkan dalam  diri manusia itu sifat  keburukan  (fujur) dan  kebaikan (taqwa),  lihat QS. 91:8. Allah telah menciptakan kita, kemudian Allah memberikan kemampuan kepada kita untuk  mendengarkan, melihat, berfikir dengan akal dan hati, memilih yang terbaik, mengasah peruntungan dan mengatur hidup kita sendiri, lihat QS An Nahl: 78.   Ini berarti kita harus menjalani suatu program pelatihan untuk membuat kebiasaan kita akan: Perubahan Diri (taghyirun nafs), Pendidikan Diri  (tarbiyah dzatiyah) dan Belajar  Mandiri (Inquiry). Kita dapat mengubah diri kita kita sendiri dengan cara mengubah persepsi, pemikiran kita, sikap kita dan tindakan kita dan secara kreatif mengubah keadaan kita. Kita dapat mengubah diri kita sendiri dengan membaca, belajar, perenungan, berbicara dengan diri sendiri, berjanji dengan diri sendiri, beribadah  dan berdoa. Penggunaan akal dan hati (al afidhah) adalah kunci kebehasilan. Sel-sel otak bagaikan otot manusia, dia memeiliki kelenturan. Semakin sering otot digunakan, maka memiliki kelenturan semakin baik. Demikian pula dengan otak dan hati kita, semakin sering digunakan semakin baik.
Jalan pintas mudah dan cepat untuk merubah diri kita sendiri, yaitu dengan mempunyai sasaran dan  bekerja keras untuk mencapainya . Berjuta-juta orang telah mengubah dirinya sendiri dari lemah menjadi kuat, dari pengecut menjadi pahlawan, dari malas menjadi ambisius, dari pelit menjadi dermawan, dari tak berguna menjadi suka membantu orang lain. Perubahan itu diawali dari perubahan: Persepsi Kita, Diri Kita, Keluarga Kita, Tim Kita dan Lembaga Kita dan Komunitas Kita. Pada gambar 2 dapat dilihat bagaimana  sebuah siklus perubahan terjadi


Gambar 2.  Berfikir dan mempercayai  adalah awal merubah tingkah laku.
 
































E. STRATEGI  SUKSES  di PADANG MASYAR:  7 RAHASIA KEKUATAN
Dunia adalah tempat menanam, barang siapa ingin mendapatkan suskses negri akherat maka harus menyiapkan diri ketika di dunia. Sebuah hadits  terkenal yang diriwayatkan Imam Bukhari: Dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi Muhammad saw,  beliau bersabda : Tujuah golongan dilindungi  oleh Allah swt di bawah lindungan-Nya, waktu tidak ada lindungan selain lindungan-Nya:  Imam yang adil, Pemuda yang dalam masa mudanya beribadat  kepada Allah,  Orang yang menyebut Allah ketika  sendirian , lalu meneteskan air matanya. Laki-laki yang tergantung hidupnya di masjid,   Orang yang berkasih sayang karena Allah semata-mata,  Laki-laki yang dirayu oleh seorang wanita bangsawan cantik, tetapi dia mengatakan  (menolak): Sesungguhnya saya takut kepada Allah,  Orang yang  bersedekah dan disembunyikan, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat (diberikan) oeh tangan  kanan.  Tujuh kelompok inilah yang kita jadikan sebagai model dalam manajemen sukses pribadi.
Dari hadits  tersebut di atas, maka kita dapat mengambil pelajaran penting untuk mendapatkan sukses di alam padang masyar, yaitu perlunya kita memeiliki ketrampilan:

1. Ketrampilan Pemimpin (Ledership skill)
                Imam yang adil, yaitu ciri sesorang memeliki ketrampilan sebagai pemimpin. Kalau kita ingin sukses dan selamat di akherat, maka di dunia ini kita harus mememiliki ketrampilan dalam memimpin. Kita harus tampil menjadi pejabat (kepala rumah tangga), manajer untuk mengelola rumah tangga dan pekerjaan kita masing-masing dan pemimpin terhadap orang yang kita pimpin. Jadilah kita sebagai pemimpin yang adil.


Gambar 1. Dimensi sukses dalam spectrum waktu.


Alam                                      Alam                      Alam                                      Alam akherat :
Dunia                                     Kubur                     Padang                  Syurga/ Neraka
                                                                                Masyar


Proses kematian                 Kiamat







2. Regenerasi (Pemuda Sholeh)
                Pemuda yang dalam masa mudanya beribadat  kepada Allah, adalah ciri seseorang yang sosok pribadi generasi penerus yang sholeh. Kalau kita ingin sukses dan selamat di akherat, maka di dunia kita harus mampu mencetak anak  cucu kita, para pemuda yang soleh sebagai generasi  pengganti kita. Harus ada mekanisme tauritsul  ajyali (regenerasi) yang baik.  Yaa Allah ampunilah dosa ayah dan ibu kami, jadikanlah anak-anak kami  menjadi orang yang soleh, yaitu mereka yang mau mendoakan  kami ketika  kami sudah terbujur di kubur. Mari kita siapkan Pemuda yang dalam masa mudanya beribadat  kepada Allah

3. Kekuatan spiritual
Orang yang menyebut Allah ketika  sendirian , lalu meneteskan air matanya, adalah ciri seseorang yang memeiliki kekuatan spiritual yang luar biasa.  Kalau kita ingin sukses dan selamat di akherat, maka di dunia harus mempunyai kekuatan spiritual di dunia. Hidup penuh dengan cobaan, jangan sampai kita tidak mampu mengendalikan hawa nafsu diri kita,  jangan sampai kita menipu diri kita.  Seorang pemikir besar mengatakan, bahwa:
Ø  anda bisa membohongi  seseorang,
Ø  anda bisa membohongi sekelompok orang dalam satu waktu,
Ø  anda  bisa membohonggi sekelompok orang dalam rentangh waktu yang panjang,
Ø  tetapi anda tidak mampu membohongi diri anda sendiri (hati nurani)
Ø  anda tidak dapat membohongi  seluruh manusia dan seluruh waktu
Ø  anda tidak dapat membohongi Tuhan anda.
Marilah kita sering mengenali diri kita dengan dosa-dosa diri kita, sudahkan kita siap untuk mati. Jadilah kita menjadi orang yang  dapat menyebut Allah (berdoa dan mohon amunan) ketika  sendirian , lalu meneteskan air matanya.

4. Membangun kekuatan solidaritas
Laki-laki yang tergantung hidupnya di masjid, adalah seseorang yang memiliki kemauan dan kemampuan Membangun kekuatan solidaritas bersama dakwahnya.   Kalau kita ingin sukses dan selamat di akherat, maka di dunia selama di dunia kita harus menjadi seseorang yang  selalu tergantung hidupnya di masjid

5. Teamwork
Orang yang berkasih sayang karena Allah semata-mata, adalah ciri seseorang yang mampu melakukan kerja kelompok atau Teamwork diatas integritas moral. Kalau kita ingin sukses dan selamat di akherat, maka di dunia jadilah  orang yang  dapat  berkasih sayang karena Allah semata-mata, khususnya kita dengan keluarga kita. Kita harus membangun ikata keluarga kita kepada yan lebih baik. Masa depan kehidupan manusia diperbagai bidang kehidupan semakin sulit, sehingga banyak pekerjaan yang harus dikerjakan dengan mengandalkan kekuatan hubungan tim (teamwork). Pada masa depan nanti kemampuan kerjasama merupakan indicator. Bahkan seorang ahli manajemen (Sukiyat dan Prijadi, 2000) melihat generasi manajemen masa depan semakin mengarahkan peran tim semakin dominan. Adapun generasi manajemen tersebut adalah:
Generasi I, Management by power
Generasi II, Management by directing (
Generasi III, management by objective
Generasi IV, Management by proses
Generasi V, Management by alliance
Generasi VI, Management by share.
Sukses masa depan sangat mengandalkan komimen bersama, loyalitas bersama, dan kemampuan berbagai pengalaman, fikiran dan bekerja bersama.

6. Kredibilitas Moral ( moral creadibility)
Laki-laki yang dirayu oleh seorang wanita bangsawan cantik, tetapi dia mengatakan  (menolak): Sesungguhnya saya takut kepada Allah adalah ekspresi jika ingin sukses memerlukan kredibilitas moral ( moral creadibility). Menurut pameo orang atau riset non formal godaan dunia adalah tahta, harta dan wanita. Tetapi jika dikaji lebih mendalam dengan pernyataan QS. 3: 14, bahwa urutan godaan manusia adalah syahwat terhadap: wanita,  anak-anak, harta, kendaraan (gengsi, tahta), harta dll.

7. Kekuatan ekonomi
Orang yang  bersedekah dan disembunyikan, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat (diberikan) oleh tangan  kanan.  Orang yang dapat bersedekah hanyalah orang yang memiliki harta. Empat orang sahabat yang dijamin masuk syurga,  ternyata 3 orang memiliki harta yang cukup,  kecuali Ali bin Abi Thalib ra. Sedangkan 10 orang yang dijamin masuk syurga memiliki harta yang cukup, kecuali Ali bin Abi Thalib ra dan Bilal bin Rabah. Karakter ini menunjukkan seseorang yang telah memiliki kemampanan maisyah dan meletakkan dunia dan isinya (harta) tidak di hati, melainkan di telapan tangan; seraya berdoa: Yaa Allah swt letakkan dunia ini di tanganku, jangan kau letakkaan dunia ini dihatimu dan memiliki.  Kalau kita ingin sukses dan selamat di akherat, maka di dunia maka jadilah kita sebagai orang yang  bersedekah untuk orang lain.

8. Empaty
Orang yang  bersedekah dan disembunyikan, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat (diberikan) oeh tangan  kanan. Orang yang dapat bersedekah dengan ikhlas tanpa mengungkit-ungkit amalannya adalaah ciri  orang yang memeiliki empati. Kita dilarang memiliki sifat iri dengki, dan Rasulullah membolehkan seorang muslim iri terhadap  orang yang kaya tapi dermawan dan orang yang memiliki ilmu dan mau mengajarkan kepada orang lain.
Jadilah kita dengan diri kita , kita akan menjadi apa yang ada dalam fikiran kita.

F. STRATEGI  SUKSES  di AKHERAT:  7 RAHASIA KEKUATAN
Dunia adalah tempat menanam, barang siapa ingin mendapatkan suskses negri akherat maka harus menyiapkan diri ketika di dunia. Pada QS. Al MU’minuun: 1-11 diterangkan ciri-ciri orang yang akan mendapatkan sukses negri akherat, yaitu memeiliki ciri-ciri sewaktu dunia adalah sebagai berikut:

1.     Kekuatan Spiritual
Orang yang akan masuk syurga hanyalah orang yang khusu’ dalam shalatnya.  Kemampuan memeiliki imajinasi positif untuk membayangkan bahwa: Allah itu ada, syurga itu ada, neraka itu ada, malaikat itu ada, siksa padang masyar itu ada, siksa kubur itu ada, dan perjumpaan dengan Allah swt adalah sesuatu yang pasti. Orang yang meyakini bahwa janji Allah swt itu benar.

2.     Memiliki Efektifitas, Efisiensi dan Optimasi dalam  Produktifitas
Orang yang akan masuk syurga hanyalah orang yang menjauhkan diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak memiliki manfaat (laghqi). Dengan demikian dalam membuat transformasi  dalam bidang apapun,  seorang muslim harus mampu memanfaatkan seluruh sumberdaya dan memperbaiki system  secara terus menerus untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dengan menerapkan teknik manajemen tentang efektifitas, efisiensi  dan  optimalisasi  ini kita akan dapat beramal dan mampu berzakat.

3.     Kepekaan Sosial
Orang yang akan masuk syurga hanyalah orang yang menunaikan zakat.  Orang yang mampu menunaikan zakat dengan baik hanyalah mereka yang memiliki kepekaan social yang tinggi, memiliki harta dan memiliki kekuatan spiritual. Kita harus hidup mau peduli dengan orang lain, kita memiliki empati yang tinggi kepada orang lain, kita harus mempu merasakan bagaimana perasaan sahabat kita. Orang yang dapat melayani sepenuh hati kepada tamunya, orang tuanya, anak dan istrinya, sahabatnya hanyalah mereka yang memiliki kepekaan batin yang tinggi.  Kepekaan social dapat ditaajamkan dengan  sering kita bergaul bersama dengan orang lebih rendah dari pada kita. Jika kita selalu melihat  hanya pada sekumpulan orang yang berstatus di atas kita, maka kepekaan social akan menjadi berkurang.

4.     Kredibilitas Moral ( moral creadibility)
Orang yang akan masuk syurga hanyalah orang yang dapat menjaga dan menyalurkan kebutuhan  seksualnya dengan baik. Prediksi masa depan  penyakit seksual dan moral semakin meningkat, ini merupakan indicator kegagalan sesorang dalam mengendalikan  dorongan kebutuhan seksual yang begitu hebat. Bahwa kesuksesan seseorang  tidak dipengaruhi oleh kekuatan intelektual mereka, melainkan kekuatan emosional dan moral mereka. Orang yang cerdas adalah mereka yang dapat mengendalikan hawa nafsunya, dan mampu berfikir ke depan   hingga paska  kematian.

5.     Memenuhi Amanah
Orang yang akan masuk syurga hanyalah orang yang dapat memenuhi apa yang telah diamanahkan kepadanya.  Amanah adalah sesuatu yang harus dikerjakan bakan karena kemauan diri sendiri saja, melainkan karena kebutuhan standart. Seseorang yang bekerja di kantor, tentunya mendapatkan amanah mengelola  uang. Seorang yang ditunjuk sebagai pemimpin dia akan mendapatkan amanah untuk mengelola sumber daya untuk kemakmuran rakyatnya. Seseorang yang ingin mendapatkan sukses akherat, maka harus mampu memenuhi apa yang diamanahkan kepadanya. Untuk dapat memenuhi amanah, maka sangat diperlukan disiplin tinggi dan penuh kesadaran. Seseorang akan dapat menjaga amanahnya dengan baik jika memeiliki soliditas moral dan spiritual. Ingat, bahwa  salah satu ciri orang munafiq yaitu apabila dia diberi amanah dia ingkar. Ingat, bahwa orang munafiq tempatnya di kerak neraka. 



6.     Memenuhi janji
Orang yang akan masuk syurga hanyalah orang yang dapat  memenuhi janjinya dengan baik. Janji adalah sesuatu yang harus dikerjakan karena konsekuensi terhadap apa yang telah disetujui  atau diikrarkan  oleh dirinya sendiri.  Ingat, bahwa  salah satu ciri orang munafiq yaitu apabila di berkata (janji)  maka dia berbohong. Seseorang yang ingin mendapatkan sukses akherat, maka harus mampu memenuhi apa yang yang telah ia janjikan. Untuk dapat memenuhi janji maka sangat diperlukan pengetahuan dan prediksi yang cukup tinggi, yaitu apakah dia sangup melaksakan atau tidak. Janji hanya dapat dipenuhi jika  kita memeiliki kebiasaan  disiplin tinggi. Janji dapat dipenuhi dengan  baik jika melakukan janji kita penuh penuh dengan  kesadaran. Iman kita mengalami kondisi naik turun, Rasulullah saw mengatakan “ al imanu yazid wa yankus”, sehingga kita harus mempu dan selalu menyegarkan janji kita untuk dapat selalu konsisten terhadap apa yang kita janjikan. Seseorang akan dapat menjaga janjinya dengan baik jika memeiliki soliditas moral dan spiritual.

7.     Konsistensi
Orang yang akan masuk syurga hanyalah orang yang mampu memelihara sholat. Untuk mendapatkan sukses dengan mutu tinggi, maka kita harus bekerja dengan konsisten atau memiliki karakter: “small, continous and improvement”; bekerja memulai dari yang kecil-kecil, tapi secara terus menerus dan sampil meningkatkan diri untuk mencapai kualitas prima. Dalam manajemen kita mengenal teknik benchmarking, yaitu suatu teknik untuk mendapatkan sukses, maka lembaga atau seseorang harus mencari model (qudwah) yang secara terus-menerus kita (lembaga atau diri kita) membandingkan dengan lembaga model samapi kita mendapatkan mutu  yang sama. 

G. MENGGUNAKAN PERENCANAAN STRATEGIS:  SUATU KEHARUSAN  DALAM BERBAGAI BIDANG  KEHIDUPAN
               
Pokok pikiran perencanaan telah Allah swt  firmankan dalam QS. Al-Hasyr: 18 “Hai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akherat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.  Untuk mendapatkan sukses dunia dan akherat tidak cukup hanya dengan berdoa, ingat  kebaikan untuk dunia dan kemenangan  kita hanya akan diperoleh jika bersatunya antara para  pemikir dengan para pekerja.

1.     Urgensi sebuah perencanaan  strategis (ahamiyah at-takhthiith al istaraatiijiyah)
Ayat tersebut di atas, tertanya untuk merencanakan harus mengaitkan  data dan informasi yang telah kita miliki pada masa lalu, kondisi sekarang dan membuat perencanaan, peramalan pada masa ke depan serta perlunya sumber daya  untuk mencapai tujuan perencanaan yang diharapkan. Seyogyanya, seorang muslim harus mampu membuat prencanaan dengan baik dan akurat, bahkan dalam jarang jangkauan waktu 5 – 10 tahun ke depan. Bahkan dalam ayat tersebut seorang muslim dituntut untuk mampu membuat perencanaan akherat (visi- memvisualkan dirinya pada saat di akherat). Perencanaan yang sangat menentukan kehidupan seseorang atau institusi pada masa yang akan datang disebut dengan perencanaan startegis. Perencanaan strategis (strategic planning-at-takhthiith al istaraatiijiyah) adalah proses manajerial dalam pengembangan dan pemeliharaan saling kaitan eksistensi  perusahaan atau organisasi dengan sasaran perusahaan atau organisasi  dan peluang lingkungan (Kamus Istilah Manajemen, LPPM, 1994). Jadi urgensi perencanaan strategis adalah upaya kita memanfaatkan sumberdaya yang sangat terbatas  untuk mencapai tujuan yang diharapkan dengan kondisi yang efektif dan efisien.

2.     Akal tidak bertentangan dengan Naql (Al-Quran)[1]
Banyak yang menduga bahwa lingkungan agamis tidak mendukung lahirnya udara ilmiah dengan dalih adanya percaturan antar Naql dan akal. Artinya terdapat kontradiksi antara Firman Allah  dengan ijtihad akal manusia. Dugaan ini jauh dari benar. Al-Quran, fakta historis dan realita hari ini membantahnya dengan tegas dan gamblang. Sebab  akal itulah yang dikhotib (diajak dialog) oleh Naql, dibebankan Allah untuk memahaminya, kemudian mengamalkanya. Lebih dari itu, Naql sendiri menggalakan akal untuk berijtihad tentang syarat-syaratnya dan memberikan peluang besar bagi masalah-masalah yang tidak dibicarakanya. Bahkan Naql (wahyu Allah/Al-Quran) menyerahkan sepenuhnya kepada akal untuk mendalami dan memahami rahasia alam semesta untuk direkayasa agar bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Para ulama Islam yang juga melihat Wahyu dan akal itu dua alat penunjuk bagi manusia untuk mendapat kebenaran. Imam-Ashfahani berkata pada bukunya “Al-Dzari’ah ila makarimi al-Syari’ah” : Allah mengutus dua Rasul kepada manusia. Yang pertama berbentuk bathin, yakni akal dan kedua berbentuk zhahir itu sebelum ia memanfaatkan Rasul yang bathin. Karena yang bathin itu dapat memahami kebenaran kleim Rasul yang zhahir. Jika tidak karena yang bathin itu, maka ucapan Rasul yang zhahir itu tidaklah menjadi hujjah (argumentasi). Bahkan Allah mempersilahkan akal orang yang meragukan “wihdaniyatullah” dan kebenaran para nabi untuk menelitinya. Sebab itu, akal sebagai “qoid” (pemandu), dan agama sebagai bekalnya. Jika akal tidak ada, maka agama ini akan sirna. Bila agama tidak ada, maka akal pun akan tersesat. Kontak antara keduanya persis seperti yang Allah firmankan : “Cahaya diatas cahaya” (Q.S. 24:35)[2].
Imam Al-Ghozali juga mendukung tesis diatas dalam berbagai bukunya. Dalam muqoddimah bukunya “Al-Mustashfi” misalnya. Beliau menganggap akal itu sebagai hakim yang memutuskan perkara yang tidak dapat disingkirkan atau diganti. Sedangkan syari’at Islam sebagai saksi yang memberikan rekomendasi, serta meluruskan. Maka akal itu pada hakekatnya sebagai wadah agama dan pengemban amanah[3].
Dalam bukunya “Ihya Ulumuddin”, Imam Al-Ghozali juga menjelaskan bahwa agama itu membutuhkan akal, begitu pula sebaliknya. Sesungguhnya ilmu ahlaq (eksak dan pengetahuan lainya)  bagaikan gizi dan ilmu syari’at di bagaikan obat. Seorang yang sakit akan menghadapi bahaya jika diberikan gizi saja tanpa diimbangi dengan obat. Beliau juga menolak dugaan adanya kontradiksi antara ilmu-ilmu ‘aqidah dengan ilmu syari’ah. Dugaan ini bersumber dari kebutaan mata kepala dan hati, kata beliau[4].
Dalam buku “Al-Iqtishod fi Al-I’tiqod”. Al-Ghozali juga menyebutkan bahwa pengikut kebenaran dan sunnah ialah yang mampu mensejalankan antara tuntutan-tuntutan syari’at dan akal. Mereka mampu membuktikan bahwa tidak ada pertentangan antara syara’ yang berlandaskan wahyu dengan suatu teori ilmu pengetahuan yang lahir dari akal[5].
Dalam buku “Ma’arij Al-Quds” yang dinisbatkan kepada Al-Ghazali kita temukan ungkapan, “Ketahuilah bahwa akal itu tidak akan lurus perjalananya kecuali dengan petunjuk syara’. Syara’ itu tidak akan jelas maksudnya tanpa akal. Maka akal itu bagaikan fondasi, sedang syara’ bagaikan bangunanya. Fondasi itu tidak ada gunanya selama tidak ada bangunan diatasnya. Demikian pula bangunan tidak akan kukuh selama tidak dilandasi oleh fondasi yang kuat”.
“Akal juga bagaikan penglihatan sedang syara’ ibarat cahaya. Penglihatan tidak akan ada gunanya selama tidak ada cahaya. Demikian pula cahaya tidak ada manfaatnya jika tidak ada penglihatan. Karena syara’ adalah akal dari luar, sedang akal adalah syara’ dari dalam. Keduanya berbeda dimensi, tapi menyatu dalam satu tujuan”[6].
Maka tidak heran jika kita temukan dalam sejarah peradaban Islam banyak para ilmuwan kita yang cemerlang dibidang ilmu syari’ah. Pada waktu yang sama juga menonjol dibidang ilmu-ilmu ‘aqidah, seperti ilmu pengetahuan alam, matematika dan kedokteran. Jabir bin Hayyan, misalnya disebut juga Jabir shufi (mendalami ilmu akhlaq).Khuarizmi, perumus ilmu Jabr (matematika) juga menulis buku-buku tentang fiqh (hukum Islam), nasehat faroidh (ilmu yang mengatur sistem pembagian warisan).
Ibnu Rusyd, penulis buku kedokteran “Al-Kuliyyat” yang banyak bersahan dalam ilmu kedokteran Eropa moderen dijadikan buku standar sampai abad 18, juga sebagai penulis buku perbandingan Mazhab Fiqh terkenal “Bidayat Al-Mujtahid wa Hihayt Al-Muqtasid”. Bahkan beliau sebagai hakim agama terkemuka dalam mazhab Maliki.
Imam Fakhrurrozi penulis, tafsir Attashir Al-Kabir”, dan berbagai buku lainya tentang ilmu usul Fiqh dan ‘aqidah, juga terkenal sebagai dokter terkemuka d zamanya Ibnu Nafis yang menemukan sistem peredaran darah dan ilmuan pertama yang mengisyaratkan penyakit paru-paru, atau dikenal kemudian dengan TBC dan asma. Padahal beliau adalah seorang ahli Fiqh Mazhab Syafi’i[7].

3.     Metode Riset dan Pengembangan (Research and Development)
Di zaman moderen ini, metode riset mrupakan teori ilmiah yang terbaik dalam menyelesaikan masalah atau menyelami hakekat sesuatu. Ia juga merupakan karakteristik utama yang membedakan antara ilmuan dengan dan yang bukan. Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin ummat Islam pertama yang menggunakan sistem riset. Beliau memanfaatkan sejak awal tegaknya negara Islam Madinah.
Sebagai mana yng diriwayatkan  oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari Huzaifah Ibnu Al-Yaman ia berkata : Suatu hari kami bersama Rasulullah SAW. Beliau berkata : “Coba lakukan penelitian berapa banyak orang yang mengucapkan Islam (maksudnya yang masuk Islam)”. Dalam riwayat lain, Bukhari menyebutkan bahwa Rasul SAW, berkata : “Coba buatkan aku suatu penelitian tertulis tentang berapa banyak yang masuk Islam”. Ia (Huzaifah) berkata : “Maka kami memberikan laporan tertulis sebanyak 500 orang dari kaum lelaki”[8].
Sebuah penelitian tertulis bertujuan untuk menyusun dan menetapkan suatu rencana. Dengan demikian, Rasul SAW, memahami kadar kekuatan SDM yang terhimpun yang memiliki kapasitas perlawanan terhadap musuh yang selalu mengintai. Sebab itu, penelitian haya dilakikan pada kaum lelaki saja. Artinya, yang memiliki kesanggupan perang ketika itu.
Penelitian (riset) yang diterapkan di zaman awal tegaknya pemerintahan Islam di Madinah yang langsung dipimpin oleh Rasulullah SAW, memberikan isyarat kepada kita bahwa Islam menyambut baik penggunaan sistem penelitian dan metode ilmiah lainya.
Sebaliknya, kita menemukan di zaman dahulu bahwa salah seorang nabi dari bani Israel hendak melakukan penelitian tentang jumlah pengikutnya. Ketika itu juga azab dari langit menimpa mereka. Seakan, penelitian tersebut merupakan pembangkangan atas taqdir dan kehendak Tuhan. Inilah yang dijadikan argumentasi oleh seorang filsuf terkemuka Bertrand Russel bahwa ajaran Taurat dan Kitab Suci itu tidak memberikan peluang lahirnya udara segar bagi kehidupan ilmiah.

4.     “ Planning and Future Analysis”
Jika metode riset menjadi karakteristik bagi suatu karya ilmiah, maka planning juga demikian, bahkan lebih jelas lagi sasaranya. Planning itu harus berdasarkan hasil riset. Yang dimaksud planning disini ialah menyusun strategi untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dimasa datang serta merealisasikan tujuan-tujuan yang dicanangkan.
Banyak kalangan Islam menduga bahwa agama bertentangan dengan konsep analisa kedepan (future anaysis). Dugaan itu sebagai peninggalan pengaruh pemikiran kuno (abad pemikiran Eropa) yang bertentangan iman dan ilmu pengetahuan. Kenyataanya, konsep pemikiran Islam berdiri diatas planning dan future analysis. Dari situlah seorang muslim menatap masa depanya. Dengan ungkapan lain, masa hidupnya ia jadikan landasan untuk menatap periode setelah mati. Ketika di dunia ia gunakan sebagai sarana untuk menggapai akherat. Untuk itu, ia harus merumuskan suatu minhaj (konsep) yang akan menyampaikanya ke tujuan, yakni keridhoaan Allah Ta’ala.
Dalam al-Quran banyak kisah yang bermanfaat untuk ulul albab (mereka yang senantiasa berfikir dan berdzikrullah). Diantaranya, kisah Nabi Allah Yusuf AS. Al-Quran dengan gamblang menceritakan kepada kita bagai Nabi Yusuf mengatur planning bahwa kawasan Mesir bakal ditimpa kemarau panjang. Lalu ia mengajukan proposal yang berisi sebuah planning yang matang. Ia pun dibebankan untuk merealisasikan planning tersebut. Hasilnya cukup fantastis dan mengagetkam, sehingga keberkahan menyirami bumi Mesir dan sekitarnya.
Planning Nabi Yusuf itu terurai dalam QS12: 47-49, “Dia (Yusuf) berkata : Hendaklah kamu mengolah pertanian dengan tekun selama tujuh tahun (lamanya). Maka biarkanlah hasil panenmu itu dibulirnya (ditangkainya) kecuali sedikit untuk kamu makan. Kemuadian setelah itu akan datang tujuh tahun yang amat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya (tahun-tahun sulit), kecuali sedikit dari (bibit) yang kamu simpan. Kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan di masa itu mereka memeras anggur”.
Ada pula yang mengira perencanaan masa depan bertentangan dengan prinsip tawakal kepada Allah, atau iman kepada qodho dan qodar. Sebab itu, mereka menolak keras konsep perencanaan itu.
Bagi yang mendalami Kitabullah dan Sunnah Rasulullah, akan jelas bahwa kedua sumber Islam itu menolak keras tradisi irtijal (melakukan sesuatu tanpa konsep dan persiapan) dan amburadul. Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa tawakkal kepada Allah itu tidak berarti mengesampingkan hukum sebab akibat atau Sunatullah (sistem Allah yang berlaku ) di alam semesta ini. Seorang muslim hendaklah selalu ingat kepada kisah seorang Arab Badwi yang datang kepada Nabi Muhammad SAW, lalu meninggalkan ontanya di depan Masjid Nabawi sambil berkata: “ Wahai Rasulullah, apakah saya ikat onta ini lalu  saya bertawakkal, atau saya lepas begitu saja kemudian  saya bertawakkal Maka Rasulpun menjawab :”Ikat onta itu dulu, lalu kamu bertawakkal”.
Imam Al-Thabari menjelaskan :”Siapa yang yakin pada Alloh dan qodhoNya, maka ia pasti berupaya mencari sebab akibat. Upaya itu sama sekali mengotori tawakkalnya pada Allah. Bahkan mengikuti Sunnatullah dan Sunnah RasulNya. Rasulullah SAW muncul ketika perang dengan memakai baju besi, memakai penutup kepala dari getah pohon (karet), diletakanya para ahli pemanah diposisi terdepan, membuat parit disekitar Madinah. Beliau juga berhijrah, mempersiapkan kebutuhan makan dan minum, menyimpan sebagian untuk keluarganya, dan tidak menunggu semuanya itu semata turun dari langit, kendati Beliau adalah hamba yang paling berhak mendapatkanya”.
Siapa saja yang meneliti siroh Rasulullah SAW pasti menemukan bahwa Rasul itu selalu mempersiapkan secara matang setiap urusan keluarganya, dengan berbagai perlengkapan dan amat teliti dan berhati-hati, serta memperhitungkan segala kemungkinan  ayng bakal terjadi. Semua itu dilakukanya padahal Beliau adalah manusia yang paling tinggi tawakalnya kepada Allah.
Rasul menyuruh para sahabatnya hijrah ke Ethiopia (Habasyah) setelah mengetahui kondisi geografis, agama dan politik negeri itu. Tidaklah mencerminkan planning yang matang bila  Rasul menyuruh para sahabatnya hijrah ke kawasan yang dapat dipengaruhi oleh kafir Quraisy secara agama maupun budaya. Tidak pula mencerminkan analitis yang tajam jika para sahabat diperintah hijrah ke kawasan yang didominasi oleh Persia atau Romawi yang di pimpin oleh Penguasa yang pasti menolak da’wah Islam yang baru itu. Tidak pula mencerminkan kematangan planning bila perintah hijrah itu ke negeri India atau Cina yang jauh, sebab akan kehilangan informasi tentang mereka.
Sungguh Ethiopia merupakan kawasan yang strategis. Secara geografis tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari Mekah, bahkan dibatasi oleh laut. Secara agama, penduduk Ethiopia adalah Nasrani yang ketika itu lebih dekat dengan umat Islam dibandingkan yang lain. Secara politis, Ethiopia dipimpin oleh seorang Raja yang terkenal adil. Karena itu Rasulullah SAW berkata kepada sahabatnya : “Disana ada seorang Raja, Saya berharap kalian tidak dizhaliminya”.
Semua itu menunjukan bahwa Rasul dan sahabatnya tidaklah komunitas yang terisolasi dari dunia internasional, kendati menghadapi kesulitan transportasi. Juga menunjukan bahwa sikap mereka (Rasul dan sahabatnya) yang jelas terhadap perang Persia-Romawi, sehingga terjadi polemik antara kaum muslimin dengan musrykin. Polemik itu dijawab oleh wahyu dalam QS Ar-Rum: 1-4 : “Rum pasti dikalahkan di negeri yang terdekat. Dan mereka setelah kalah  menang kembali dalam beberapa tahun lagi…”.
Kendati umat Islam ketika itu tertindas dan dalam keadaan lemah, namun mereka berwawasan internasional, memahami perkembangan percaturan internasional yang terjadi antara dua negara adikuasa ketika itu, atau dua kubu raksasa Barat dan Timur. Demikianlah, tidak ada satupun langkah da’wah dalam kehidupan Rasul yang tidak dilandasi oleh planning yang matang dan jelas.
Dari keterlibatan yang intens dan waktu yang panjang dalam berbagai bentuk kegiatan penyelenggaraan pemasaran dan pelayanan bagi klien selama ini, kita dapat menaksir sejumlah kesimpulan penting yaitu :
                Yang pertama :
Struktur dan proses penataan internal secara perlahan mengarah kepada pelayanan pemasaran ke wilayah-wilayah yang lebih luas, tidak lagi semata meliputi warga kampus-kampus dan sekolah-sekolah yang selama ini memang menjadi arus utama, tetapi sudah pula mulai menembus masyarakat baru seperti kantor, bisnis, buruh, organisasi massa dan bahkan masyarakat umum. Masyarakat-masyarakat yang baru dimasuki ini tentu saja memiliki kekhususan masing-masing yang perlu dipelajari secara seksama.
                Yang kedua :
Bahwa potensi SDM baik yang bernilai strategis maupun yang taktis, baik yang terencana maupun yang bergulir secara natural telah memasuki wilayah-wilayah masyarakat baru tersebut dan sudah terlihat bentuk-bentuk pemasaran dan pelayanan yang makin hari makin diminati.
Dari kedua kesimpulan yang ditarik secara global tersebut, maka timbul pertanyaan, khususnya yang menyangkut wilayah pemasaran, di kantor (lembaga formal), “ Adakah kita memiliki planning dan future analysis terhadap pemasaran yang secara rutin kita kaji bersama, kita tetapkan target-targetnya secara bertahap, dan kita realisasikan secara bertahap pula sesuai dengan daya dukung yang sudah kita miliki? Isyarat dari perusahaan untuk kita pikirkan bersama jelas sudah ada, berupa patok-patok umum, pelatihan-pelatihan manajemen, kajian-kajian ilmu sosial, dan Insya Allah akan terus bergulir dengan variasi yang lebih luas, lebih spesifik (khusus) dan lebih mendalam. Jawabanya sebagian sudah ada, dan sudah mulai direalisir secara bertahap. Sebagian besar belum ada “planning dan future analysis” nya apalagi merealisasikan planning tersebut. Tetapi boleh jadi yang sudah berjalan selama ini baik dan terencana, walaupun mungkin belum terkoordinir/tertata dengan baik.
Seperti apa yang dikatakan DR. Yusuf Al-Qardhawi dalam bukunya “Liqaat wa muhawarat haula qhadaya al Islam wa al-ashr”, kita memiliki risalah teragung didunia, kita memiliki warisan besar yang tidak dipunyai satu umatpun, kita mempunyai tabiat fitrah dalam hati kaum mukminin, kita mempunyai janji kemenangan Allah SWT bagi orang beriman kepadaNya dan bekerja bagi agamaNya. Kita mempunyai selama ini, tetapi kita juga harus mempunyai strategis dan manajemen setingkat zaman ini. Allah merahmati seseorang yang memahami zamanya dan menepati jalanNya. Jadi harus ada dua hal : menepati jalan dan memahami jalan serta segala tuntutanya.
Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini kita mencoba bersama-sama menelaah kedua hal tersebut, yaitu menepati jalan dan memahami jalan dengan sgala tuntutanya. Perencanaan atau perencanaan strategis (karena menyangkut tenaga strategis) adalah suatu teknik pengembangan kerja yang maksimal untuk sebuah organisasi (perusahaan), dimana perencanaan itu membutuhkan unsur-unsur yang penting, yaitu :
Ø  Minhaj (Metode pemecahan)
Ø  Pengenalan medan yang tepat
Ø  Syuro’
Perencanaan strategis juga merupakan suatu alat pemandu untuk mencapai sesuatu, ia juga merupakan pada giliranya akan meningkatkan kinerja perusahaan/ elemen perusahaan. Ia juga menjadi alat bantu untuk merespon dengan tepat dalam memanfaatkan kesempatan-kesempatan kritis yang ada dalam kantor/lembaga.
Sejauh mana kinerja elemen perusahaan dapat ditingkatkan dengan perencanaan strategis ? Faktor apa yang dapat mempengaruhi optimasi pencapaian target organisasi bila kita menggunakan perencanaan strategis ? Pertanyaan ini penting dijawab sebelum lebih lanjut memasuki hal-hal yang teknis dalam metodologi perencanaan strategis.
Perencanaan strategis pada dasarnya memerlukan dorongan yang kuat dari semua pihak yang ada dalam element tersebut. Diperlukan adanya konsensus atas hal-hal yang dilihat sebaga kelemahan dan kekuatan internal dan eksternal dari elemen perusahaan tersebut. Diperlukan langkah-langkah konkrit, action, yang dirumuskan aas dasar kesempatan-kesempatan yang dapat diperoleh. Kesempatan diperoleh setelah kita mengenal kelebihan-kelebihan kita. Kelebihan-kelebihan atau kekuatan-kekuatan inilah yang membangun kesempatan (opportunities) untuk elemen tersebut.
Semua bentuk konsensus suatu elemen perusahaan memerlukan adanya keterbukaan untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi. Keterbukaan dalam mengutarakan permasalahan antara lain ditentukan oleh kematangan problem kinerja yang dihadapi elemen tersebut. Jika permasalahan kinerja tidak dirasakan oleh semua pihak, dengan katalain “belum matang”, maka dorongan untuk melaksanakan perencanaan strategis tidak akan memperoleh momentum dan gelombang perbaikan kerja yang kuat.
Pembuatan rencana strategis yang ideal membutuhkan waktu dan tidak boleh tergesa-gesa. Ia perlu rentang waktu yang cukup untuk menampung rencana kerja dan perbaikan elemen tersebut secara internal yang cukup jelas dan menyeluruh.

H. LOGIKA SEKUENSIAL BERFIKIR STRATEGIS

 

Untuk mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kita perlu memahami langkah-langkah perencana strtaegis. Untuk memudahkan dalam memahami langkah berfikir strategis ini, maka anda dapat memahaminya  dengan melihat ilustrasi gambar 1. Langkah awal berfikir strategik sangat bervariasi, pertama  ada sesorang  atau lembaga yang telah mempunyai tujuan sebelumnya sehingga perencanaan strategis akan diawali  dengan merencanakan untuk membuat perencanaan, kedua ada seseorang atau lembaga yang baru memulai untuk melakukan sesuatu maka pertama akan dimulai dengan merumuskan keinginan yang hendak dicapai. Pada penjelasan sekuensial dari langkah-langkah berfikir strategis disini hanya akan diuraikan satu langkah saja, yaitu bila kita ingin melakukan perencanaan strategis  jenis kedua di atas.
1.     Langkah pertama dalam setiap tindakan yang kita lakukan, maka pertama kali kita memiliki tujuan. Tujuan yang sangat  jauh dari jangkauan kita bisa jadi masih berupa angan-angan (vision-dairatul khayali/ ra’yaa). Ambilah contoh visi berupa tujuan lembaga untuk membentuk masyarakat madani.  Sedangkan pada gambar visi digambarkan sebagai pulau  impian yang ingin dicapai.
2.     Langkah kedua yaitu membuat angan-angan atau visi tersebut menjadi  perumusan misi (mission-risalah) yang ingin dicapai, agar lebih profesional maka misi organisasi harus tertulis dengan baik (mission statement) dan disebar-luaskan kepada seluruh pihak internal yang terkait agar mereka selalu bergerak dalam  orientasi pencapaian  misi bersama yang ingin dicapai (Management By Objective – MBO). Dalam gambar tersebut misi digambarkan sebagai garis  posisi kita saat  ini dengan letak perkiraan pulau tujuan akhir kita. Penguasaan konsep dan wawasan (al-isti’ab manhaj/ nadzori )  sangat diperlukan penyusunan  visi dan misi organisasi.
3.     Langkah ketiga yaitu membuat observasi medan (scanning environment ) yang akan berkaitan dengan tujuan kita yang kemudian dilanjutkan dengan  langkah analisa medan (SWOT analysis). Istilah SWOT merupakan singkatan dari kata Strenght- kekuatan (internal)   , Weakness-kelemahan (internal),  Opportuniti-peluang (eksternal) dan    Threat-ancaman dan kendala (eksternal). Jadi anda perlu melihat atau menscan  komponen eksternal  guna memperoleh data sebanyak-banyak yang berhubungan dengan misi kita. Komponen umum meliputi masyarakat, pembeli (buyers), pengguna fans (customers), pendukung (steakholders), pemasok (suppliers) dll , serta  anda harus melihat  kondisi ke dalam lembaga, yaitu kinerja harian, mentalitas staf, soliditas tim serta dll. Disamping itu anda harus mempelajari seluruh laporan (tahunan, proyek dan laporan lain)  yang berasal dari lembaga anda untuk dapat melakukan analisa SWOT dengan baik.
4.     Langkah keempat membuat langkah –langkah perencanaan strategis (mapping), jadi setelah misi dan kondisi medan sudah terpetakan,  maka kita membuat  perencanaan langkah-langkah tindakan  yang akan kita lakukan atau arah perencanaan strategis. Tujuan akhir (visi) tidak akan langsung dapat dicapai dengan sekali gayuh, maka untuk mencapainya perlu dibuat tahapan pekerjaan, tahapan pertama harus melalui pekerjaan pertama, kedua, ke tiga dan seterusnya hingga sampai pada pulau akhir (visi)  tujuan kita. Dalam  gambar perencanaan langkah-langkah strategis berupa  peta (mapping) dari langkah-langkah perjalanan menuju pulau pertama hingga pulau akhir tujuan kita. Pulau pertama dapat berarti tahun pertama atau tahap pertama misi kita, pulau kedua berati tahap kedua dan seterusnya. Dalam penyusunan  mapping, maka penguasaan medan-lapangan sangat diperlukan  sekali (al isti’ab  maidaniyah).
5.     Langkah kelima melakukan observasi kinerja dan analisa kesenjangan kinerja dari apa yang seharusnya  dikerjakan dengan kondisi lapangan. Seringkali rencana tinggal rencana, gagasan tinggal gagasan, kemudian kita lupa menganalisa faktor kendala apa yang menyebabkan kegagalan tersebut dan dengan segera mengambil pelajaran untuk memperbaiki keadaan.
6.     Langkah keenam membuat perencanaan yang terintegrasi (integrating action plans). Dari hasil analisa  pada tahap lima sangat bermanfaat untuk membuat agenda aksi yang lebih konkrit. Dalam lembaga biasanya telah membuat SOP (standart operating procedures) atau prosedur tetap (protap) . Tetapi improvisasi dari waktu-kewaktu jangan sampai kaku jika ternyata ditemukan kendala-kendala di lapangan pada saat pelaksanaan, untuk itu kita perlu menerapkan azaz fleksibilitas konsep (muraat)  Disinilah kreativitas individu  dan inovasi lembaga sangat diperlukan. Hasil akhir dari langkah  kelima ini berupa pembuat perencanaan aksi yang aplikatif dan adaptif  yang sering diistilahkan POA (plan of actions).  
7.     Langkah ketujuh  mengamalkan  agenda aksi (implementation of  plans). Pada tahap ini agenda aksi yang akan dilakukan betul-betul sudah mengacu pada langkah-langkah sebelumnya, walapun  pada saat pelaksanaan seringkali masih ada impovisasi. Jangan sampai kita mengenal istlah NATO (no action talk only)  atau  NAPO (no action plan only).   Sesungguhnya fikroh yang baik adalah fikroh yang jauh dari slogan dan propaganda, melainkan fikroh yang menekankan aspek produktivitas (‘amal) yang dilandasi pemahaman (fahmu)  yang utuh semata. Komponen penting pada saat penerapan adalah selalu mau bekerja (istiqomah)  dan  terus-menerus dalam bekerja (istimror),  etis dan konsekuen (selalu mengacu kepada kaidah moral dan selalu komitmen dengan kejujuran), selalu berorienasi mutu dan pelayanan pelanggan, rela berkorban (tadhhiyah)  dan sungguh-sungguh dalam bekerja ( tajarud) dan selalu mengandalkan soliditas tim (team work –‘amal jamai). Pada langkah ini gunakan tools yang aplikatif, yaitu seperti penerapan figh muwazanat, fiqf aulawiyat, fiqh dakwah dan lainnya.
8.     Langkah kedelapan selalu melakukan evaluasi (mutabaah dan muhasabah)  dengan teratur. Pada fase ini buatlah catatan harian kerja anda, buatlah daftar check-list akan kegiatan, buatlah laporan yang rapi sebagai bahan evaluasi, lakukan evaluasi mengacu kepada misi  utama. Sehubungan dengan  langkah ini, anda harus selalu memberikan intervensi dengan segera atas temuan dan informasi baru baik yang datangnya dari dalam lembaga maupun dari luar lembaga sehubungan  dengan penerapan MBO di atas, kemudian hasilnya berupa revisi diberbagai tahapan perencanaan strategis di atas. Selamat mencoba. Waallahu ‘alam bisawam.

Tabel 1 : Resume komponen langkah-langkah perencanaan strategis
Langkah
Sasaran
Hasil
1-Formulasi tujuan
Merencanakan perencanaan atau  membuat visi
Tujuan yang jelas
2-Formulasi misi
Membuat  pernyataan misi ( mission statemen)
Pernyataan misi yang menyebutan: lembaga, produk, pasar, cara kerja dan hal lain yang khas
3-Analisa medan
Memahami medan yang akan dilalui menuju tujuan

Data dan informasi  dari dalam lembaga dan luar lembaga sehubungan pencapaian tujuan
Hasil scanning environment dan hasil analisa SWOT
4-Langkah-langkah perencanaan strategis
Membuat peta langkah-langkah untuk mencapai tujuan yang dicapai berdasarkan data dan informasi yang akurat
Rencana kerja jangka pancang misi yang dirinci dalam bentuk rencana tahunan
Rencana kerja yang memperlihatkan tahapan pekerjaan, sasaran dan tujuan setiap tahap,  kebijakan yang akan diterapkan
5-Observasi dan evaluasi
Mengenali kondisi kinerja dan membuat analisa  kondisi kinerja
Informasi faktual  sebagai bahan perencanaan aksi yang aplikatif
6- Membuat POA
Membuat rencana aksi yang integral yang aplikatif dan adaptif
POA
Agenda aksi
7-Implementasi POA
Merubah NATO dan NAPO menjadi aksi dan aksi
Produktivitas, kontinyuitas, mutu, kepuasan pelanggan
8- Evaluasi
Selalu memberikan data dan informasi terbaru sehubungan kegiatan seluruh proses tahapan sebelumnya
 Memperoleh data dan informasi dari hasil monitor lingkungan dalam dan lingkungan luar
Mengevaluasi apakah data dan informasi baru berfungsi untuk perbaikan langkah baru



[1] Alih Teknologi, Antara Ibadah dan Kebutuhan, Dr Yusuf Qardhawi, Al-Mutjama no. 1093
[2] Imam Raghib A-Ashfahani, Al-Dzari’ah ila makarimi Al-Syari’ah, hal 207, Dar Al-Sohwah
[3] Imam Al-Ghozal, Al-Mustashfi, hal3, Jilid I
[4] Imam Al-Ghozali, Ihya’ Ulumuddin, hal 17, Jilid III, Dar al-Ma’rifah
[5] Imam Al-Ghazali dalam muqoddimah bukunya, Al-Iqtisod fi Al-I’tiqod
[6] Ma’arij AL-Quds, hal 57, Dar Al-Affaq Al-Jadidah
[7] Untuk lebih jelas, lihat biografi mereka dalam bukuAl-A’lam ditulis oleh Azzarkali
[8] Tahqiq Al-Arnauth, Jami’ Al-Ushul, hal 100,Jilid X, hadits No. 7570

Tidak ada komentar:

Posting Komentar